Anak Tidak Suka Sayur

anak tidak suka sayur

Pasti banyak orang tua yang mengalami permasalahan dimana anak tidak suka sayur karena merasa rasa dari sayur itu sangat tidak enak. Bila anak anda termasuk anak tidak suka sayur maka otomatis anak anda akan mengalami kekurangan nutrisi, dimana bila anak kekurangan nutrisi dapat membuat anak menjadi gampang sakit.

Banyak diluaran sana para orang tua yang menggunakan berbagai cara aga anak mau memakan sayuran seperti dengan memberi hadiah bila anak mau makan sayur akan diberi uang, mainan atau sesuatu yang mereka sukai. Tapi juga banyak orang tua yang memarahi anak nya karena tidak mau memakan sayuran.

Perlu diketahui ya bunda, sebenarnya bila anak tidak suka sayur itu sebaiknya jangan memaksa atau bahkan sampai memarahi anak, karena dengan memaksa akan membuat hasil yang tidak baik seperti anak akan semakin membenci mengkonsumsi sayuran. Berikut beberapa cara membuat anak menjadi doyan makan sayur:

  • Memberikan contoh

Pola makan anak biasanya akan mengikuti dari pola makan para orang tua nya, bila disetiap saat anak makan ternyata tidak ada menu sayuran nya jangan memiliki harapan jika anak akan menyukai sayuran. Biasanya anak makan karena dia menyukai makanan nya dan tidak akan makan bila tidak mengetahui makanan tersebut.

  • Menjadikan mengkonsumsi sayuran itu merupakan hal yang menyenangkan dilakukan

Setiap anak pasti akan suka bermain dan menghayal ketika mereka menjadi sesuatu. Begitu juga dengan bentuk sayur brokoli yang bisa di anggap sebagai pohon yang nantinya akan di makan oleh dinosaurus untuk bisa mengejar tyrannosaurus rex disinilah anak pasti akan senang bila mengkonsumsi brokoli agar memiliki kekuatan untuk berlari seperti dinosaurus.

  • Membuat makanan menjadi bentuk yang menarik

Hampir semua anak anak akan tertarik dengan makanan yang disajikan dengan bentuk bentuk yang lucu serta menarik. Perlu diketahui bunda bila kebanyakan anak akan lebih suka bila makananya tidak dicampur. Dalam kreasi menyajikan makanan anda dapat membuat bentuk makanan anak menjadi bentuk hati atau bisa juga dengan bentuk wajah yang tersenyum.

  • Ajak anak untuk terlibat dalam pembuatan menu makanannya

Anak anak juga akan tertarik mengkonsumsi makanannya bila mereka ikut dalam menyiapkan makanannya. Ajak anak ke pasar dan biarkan anak memilih sayuran yang ingin dia makan. Bisa juga menggunakan cara menanam sayuran sendiri lalu setelah cukup untuk di masak ajak anak mengolah sayuran seperti mencuci sayuran sampai menyiapkan diatas meja makan. Dengan cara yang seperti ini akan membuat anak menjadi bangga dan akan lebih tertarik untuk mengkonsumsi sayuran.

Semoga artikel ini dapat membantu para orang tua yang sedang mengalami masalah dimana anak tidak suka sayur dan artikel ini dapat memberi jawaban bagi para orang tua.