Cara Menyapih Anak Secara Alami

Kendala yang sering terjadi kepada ibu ibu yang menyusui ialah ketika mereka akan menyapih sang anak, hal ini terjadi karena anak dan ibu sudah memiliki sistem ketergantungan yang kuat dan terbentuk secara alami.
Lalu bagaimana cara menyapih anak secara alami itu?

Menyapih anak memang sebaiknya dilakukan dengan menggunakan cara alami dan benar. Sebelumnya dalam menentukan kapan waktu yang tepat dalam menyapih anak ini semua tergantung dari pilihan setiap ibu. Berikut beberapa cara menyapih anak secara alami yang dapat dilakukan bagi para ibu:

1. Mulailah Dengan Perlahan

Saat memulai menyapih ini usahakan untuk melakukan secara bertahap karena akan memberikan manfaat untuk anda dan anak anda. Mengurangi frekuensi menyusui dengan perlahan dapat membuat produksi ASI juga ikut berkurang secara bertahap. Mengurangi dengan perlahan ini perlu dilakukan untuk menghindari risiko payudara bengkak serta nyeri.

2. Mengganti Beberapa Waktu Pemberian ASI Dengan Susu Botol Atau Cangkir

Sebelumnya tetaplah mengikuti jadwal seperti biasanya selama satu minggu. Setelah satu minggu di minggu berikutnya anda dapat menambahkan waktu di saat anda ingin memberikan susu botol kepada anak anda untuk mengurangi pemberian ASI yang secara langsung. Untuk bayi yang diatas satu tahun dapat diberikan pengganti ASI dengan susu sapi.

3. Usahakan Dalam Menyapih Pada Siang Hari

Anak yang usia nya sudah di satu tahun ke atas biasanya akan menyusu di pagi dan malam hari untuk kenyamanannya. Cara menyapih anak secara alami dapat dimulai dengan berhenti menyusui di siang hari, namun menggantikan susu nya dengan memberikan makanan padat agar anak tidak merasa lapar dan tetap memberikan ASI di waktu malam hari.

4. Mulailah Untuk Menggunakan Cangkir Lebih Sering Dibandingkan Dengan Menggunakan Botol

Cara menyapih anak secara alami selanjutnya ialah dengan menempatkan minuman yang dia sukai ke dalam cangkir lalu tempatkan minuman yang tidak disukai oleh anak ke dalam botol susu nya. seperti contoh memasukan air putih di dalam botol sedangkan memberikan susu atau jus di dalam cangkir.

5. Mencoba Untuk Menidurkan Anak Tanpa Harus Menyusui Secara Bertahap

Menciptakan cara lain yang menyenangkan sebelum anak tidur seperti mendongengkan cerita atau mendengarkan musik yang disukai oleh anak. Buatlah anak tetap merasa nyaman dengan memeluk anak dan membelainya.

Cara menyapih anak secara alami tetap berfokus pada kenyamanan anak dan kenyamanan dari ibu nya. namun perlu untuk diketahui bahwa menyapih anak perlu dilakukan bila anak sudah berusia di atas satu tahun.

Dalam menyapih anak anda tidak perlu terlalu memusingkan dengan membandingkan cara yang dilakukan oleh orang lain karena setiap pengalaman dalam menyapih ini akan sangat unik.