Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus

Pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ABK atau biasa disebut dengan Anak berkebutuhan khusus. Anak yang memiliki berkebutuhan khusus ini merupakan anak istimewa yang berbeda dengan anak pada umumnya. Anak berkebutuhan khusus ini termasuk golongan cacat atau yang menyandang ketunaan. Karakteristik anak berkebutuhan khusus akan di jabarkan sebagai berikut:

  1. Anak memiliki kelainan fisik

Dari segi fisik dan juga medis ada beberapa kondisi fisik dan medis yang bisa dikatakan sangat berbeda dengan anak normal. Misalnya seperti dia mengalami kebutuhan khusus maka dia akan mengalami komplikasi di bagian organ tubuh nya yang lain. Hal yang seperti ini sering terjadi karena kurang sempurna dalam pembelahan ketika masa kehamilan. Kelainan fisik ini bisa cacat fisik atau sakit yang dalam bentuk komplikasi.

  1. Anak sulit untuk berkomunikasi

Di saat anak mengalami hal ini maka perilaku adaptasi nya akan mengalami gangguan terlebih ketika mereka akan berkomunikasi. Karakteristik anak berkebutuhan khusus ini seringkali memiliki kesulitan dalam berbicara walau usia nya sudah beranjak dewasa ataupun sudah dewasa. Ucapan dan pemilihan katanya pun kurang jelas dan kurang tepat diucapkan.

  1. Anak menjadi emosional

Emosional dari anak berkebutuhan khusus ini bukan hanya tempramen dan mudah marah namun melainkan terjadinya hal yang lain. Bila dilihat dari emosional ini mereka akan seringkali terperosok didalam kondisi yang kesepian, depresi, seperti orang putus asa, merasa bahwa dia sendiri dan mereka merasa kesal kepada orang lain tanpa sebab bila mood nya sedang buruk. Disaat seperti inilah peran keluarga dan peran orang tua akan sangat penting dalam mengendalikannya. Bagi keluarga yang memiliki saudara berkebutuhan khusus peran keluarga sangatlah penting.

  1. Anak mengalami kesulitan belajar

Anak yang mengalami kesulitan belajar merupakan seseorang yang memiliki gangguan pada satu atau lebih kemampuan dasar psikologisnya. Bukan hanya itu saja biasanya gelombang otaknya juga terganggu sehingga menyebabkan anak memiliki iq yang hanya rata rata atau diatas rata rata lebih sedikit. Biasanya anak berkebutuhan khusus dikategorikan dari iq yang dia miliki.

  1. Anak sulit menulis dan membaca

Dalam beberapa khasus karakteristik anak berkebutuhan khusus ini akan sulit mengekspresikan pikiran mereka dengan menulis serta mereka susah untuk membaca. Mereka akan kesulitan dalam memegang pulpen atau pensil dengan benar. Mereka memegang alat tulis seringkali terlalu dekat hampir menempel kertas serta mereka mengalami masalah ketika membaca buku, contoh inilah karakteristik anak berkebutuhan khusus.

  1. Anak senang meniru

Senang meniru pembicaraan orang merupakan karakteristik anak berkebutuhan khusus. Semua anak memang suka meniru namun untuk anak berkebutuhan khusus meniru pembicaraan atau sebuah nyanyian ini akan mereka lakukan sepanjang mereka menyukai.