Mengatasi Picky Eater Pada Anak

Pada umumnya, masa tumbuh kembang pasti memiliki kendala masing-masing. Entah itu anak pilih pilih makanan, obesitas, selective eater dan picky eater. Masalah pola makan pada anak ini memang tidak pernah menemui ujungnya untuk orang tua terus berinovasi dalam mendampingi tumbuh kembang anak. Para orang tua memang dituntut lebih kreatif dalam menerapkan berbagai hal pada anak, termasuk pada pola makannya.

Beberapa hal yang sering dijumpai saat ini adalah picky eater pada anak. Untuk mengatasi anak picky eater bisa anda lakukan hal berikut ini:

  1. Mencukupi kebutuhan sensori area oral pada anak, bisa dengan meliputi tekstur, rasa, temperature dan jumlah pada makanan. Ini untuk melatih sensori oral anak.
  2. Selain sensori oral, ada juga motoric oral yang tak kalah pentingnya juga. Melatih motoric oral pada anak bisa dilakukan dengan melatih gerakan bibir anak seperti menutup, menjulur, gerakan ke atas atau ke bawah dan penggerakan lidah anak. Hal tersebut harus dilatih karena mempengaruhi proses bicara dan makan anak.
  3. Latih anak untuk meniup dan macam-macam pernafasan lainnya. Ini merupakan proses agar anak terlatih motoric mulutnya. Bisa juga sebagai proses persiapan anak untuk bersuara.
  4. Merelaksasikan gerakan input sensori di area wajah anak melalu sentuhan, temperature dan getaran. Agar sensori anak berkembang dengan maksimal.

Tips mengatasi picky eater pada anak di atas bisa Bunda coba. Karena menghadapi anak-anak yang mengalami hal seperti itu memang membutuhkan kesabaran lebih. Sehingga dibutuhkan strategi untuk melatih pola makan anak dengan benar. Jadi, tidak perlu lagi Bunda dibuat pusing dengan gerakan anak menutup mulutnya saat akan disuapi atau gerakan melepeh makanan yang sudah masuk ke mulut.

Tentu dengan strategi pendekatan yang tepat akan memudahkan para orang tua dalam menghadapi picky eater pada anak. Oleh karena itu, pentingnya ilmu parenting dipersiapkan sedini mungkin sebelum akan mempunyai anak adalah langkah yang paling tepat. Pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan hal yang patut orang tua perhatikan hingga anak mampu bertanggung jawab atas dirinya sendiri.