Sikat Gigi Anak 1 Tahun

Dalam menangani sikat gigi anak 1 tahun bisa dikatakan cukup mudah namun juga cukup susah. Sehingga merawat area mulut dan gigi bayi yang berusia satu tahun dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Membersihkan mulut bayi dengan kain lembap setelah menysui si kecil
  • Memberikan air putih bila si kecil menginginkan minum di luar jadwal minum susu
  • Di saat gigi si kecil mulai tumbuh, dapat membersihkan gigi dan gusi dengan menggunakan kain lembap. Bersihkan secara seksama area permukaan gigi dan batas antara gusi dengan gigi karena makanan sering sekali tertinggal di area permukaan itu.
  • Ketika gigi geraham si kecil mulai bertumbuh, anda dapat menggunakan sikat gigi bayi yang ukuran kecil yang memiliki permukaan lembut serta terbuat dari bahan nilon.
  • Usahakan untuk tidak menggunakan pasta gigi serta selalu diingat untuk membasahi sikat gigi dengan air.
  • Jangan lupa untuk memeriksakan gigi anak ke dokter gigi setelah enam bulan gigi pertama nya tumbuh atau bisa juga ketika usia anak sudah satu tahun.

Sedangkan cara terbaik dalam sikat gigi anak 1 tahun dapat menggunakan cara sebagai berikut:

  • Menyikat dua kali dalam satu hari. Sikat gigi anak 1 tahun dapat dilakukan di pagi hari dan juga malam hari sebelum si kecil tidur. Gunakan sikat gigi bayi yang memiliki ukuran dengan kepala yang kecil serta pegangan yang bagus untuk tangan anda.
  • Sikat gigi anak 1 tahun dengan sikat yang lembut di bagian dalam dan juga luarnya, sikat juga di bagian lidah dengan maksud untuk mengeluarkan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Bila menggunakan pasta gigi dalam jumlah sedikit maka tidak perlu untuk dibilas.
  • Menggunakan sedikit pasta gigi berfluoride. Menggunakan pasta gigi berfluoride ini dengan seukuran sebutir beras ke dalam sikat gigi. Perlu diketahui bila kebanyakan pasta gigi bayi itu banyak tidak mengandung fluoride.
  • Mengganti sikat gigi bayi bila bulu mulai luntur dan terentang.

Ketika usia si kecil masih beranjak satu tahun ini gigi si kecil akan tumbuh jarang jarang serta terpisah, dengan begitu anda tidak perlu khawatir untuk membersihkan gigi si kecil dengan menggunakan benang atau sering disebut dengan flossing.

Ketika permukaan gigi si kecil mulai rapat dan bersentuhan disini dokter akan memberikan saran untuk melakukan pembersihan gigi si kecil dengan menggunakan benang karena bila menggunakan sikat gigi saja kurang efektif membersihkan.

Gigi sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam proses pencernaan makanan. Gigi dapat berfungsi untuk menggigit, merobek, menggiling, mengunyah dan memotong. Jadi, makanan yang masuk ke dalam tubuh si kecil akan mempermudah pencernaan dalam mencerna.

Namun selain berfungsi untuk menghaluskan makanan, gigi susu juga memiliki manfaat untuk si kecil dalam membantu ia berbicara, tertawa dan tersenyum. Gigi susu juga membantu mempersiapkan tempat untuk gigi permanen tumbuh.

Bila dihitung dalam usia satu tahunan gigi susu yang akan dimiliki oleh si kecil ini akan menyampai sekitar dua puluh buah gigi susu. Gigi-gigi tersebut terbagi dalam empat gigi seri depan (atas dan bawah), empat gigi seri samping yang terletak di samping gigi seri tengah, empat gigi taring serta delapan gigi geraham. Namun dalam penumbuhan gigi-gigi tersebut memiliki jeda waktu yang berbeda-beda pada setiap bayi.